Mbak Sus

Saya pasti bukan satu-satunya orang yang manggil suster dengan panggilan ‘Mbak Sus’ karena panggilan ini emang enak banget disebut, singkat, dan gak ribet.

Dari dulu, saya termasuk orang yang gak suka minum air putih, pola makan saya berantakan (banget), istirahat juga sekenanya. Kerja siang, pulang tengah malam, lanjut karaoke sampe dini hari. Akhirnya? Badan saya tumbang.

Iya, saya yang dulu hampir gak pernah sakit, sekarang malah jadi gampang sakit. Sebentar-sebentar sakit maag, nanti sakit ini-itu-dan-lain-lain. Mereka yang denger kabar saya sakit entah percaya atau enggak. Entah doain saya cepet pulih atau malah bosan dengernya.

Maag saya cukup parah, tapi saya juga penggemar mie instant plus segala makanan pedas pun minuman asam. Jadi? Nyari mati? Enggak. Saya cuma kekeuh aja mau nikmatin hidup. Iya, saya tau saya bandel.

Tapi, teman, sahabat, keluarga, dan beberapa orang spesial dihidup saya gak pernah bosan ngingetin saya buat hidup sehat, buat sayang sama badan sendiri, buat gak bandel. Saya salut, mereka kuat ngadepin saya yang akhirnya nurut juga, walaupun kadang ya masih suka bandel. Dikit.

Termasuk Mbak Sus, dia udah jadi tempat konsultasi paling utama kalo saya sakit. Apa pun. Saya bandel, susah dibilangin, tapi dia masih aja mau nanggepin pertanyaan saya tentang sakit apa ya saya kira-kira?

Hari ini Mbak Sus ulang tahun.

Mbak Sus termasuk wanita yang mikirin banget ‘kapan ya kira-kira nikah?’ dan saya selalu bilang ‘jangan terlalu dipikirin, Tuhan udah nentuin waktunya, sabar, ikhtiar.’

Tapi, ya dasar wanita lanjut usia *eh* tetep aja panik.

Mbak Sus, udah makin dewasa, sebagian besar kepala berpikir Mbak Sus harus segera menikah, tapi saya tetep support Mbak Sus, jangan nikah sampe nanti Mbak Sus ketemu sama laki-laki yang hati kecil Mbak Sus paling tulus bilang dialah jodoh Mbak Sus yang akan nemenin Mbak Sus tanpa putus dunia akhirat.

Mbak Sus, jaga kesehatan. Jaga makan. Istirahat yang cukup. Jangan sampe suster malah dimarahin pasien. Pasien diatur sedemikian rupa biar sehat, diri sendiri malah hampir terlantar.

Selamat mengulang 8 Mei lagi Mbak Sus. Bahagia ya. Jangan sedih-sedih kalo mau matanya gak bengep lagi kayak buronan.

Happy birthday, Mbak Sus! Saya selalu mendoakan yang terbaik mendatangi Mbak Sus, dan Mbak Sus bisa menerima segala yang Tuhan beri dengan prasangka baik terhadap Tuhan. Jangan berhenti gowes kalo pas gowes Mbak Sus beneran bahagia! Tapi, mbok ya istirahat kalo badan udah minta istirahat. Jangan sampe ada kedua kalinya suster masuk IGD! Jangan!!!

Salam sayang, pasien langganan Mbak Sus paling sakit-sakitan.

Leave a Reply

