12 April 2015

Sampai jemariku mulai menulis ini, aku masih belum mengerti apa alasan Tuhan menyayangiku dengan cara memberi sakit, saat rencana sudah kususun sedemikian rapih, semuanya harus kupatahkan. Aku tak bisa berangkat di Sabtu pagi kemarin untuk pulang di Senin nanti. Tapi, apa aku marah pada Tuhan? Tidak. Sama sekali tidak. Aku hanya sedih, tangisanku mengalir dengan mudahnya.

Nek, harusnya aku ada di sana, menemanimu sehari sebelum hari bahagiamu tiba. Seharusnya aku ada di sana, menjadi pagar ayu di pernikahanmu, pagar ayu yang rupanya mungkin tak ayu. Seharusnya aku ada di sana, menjadi wasit di saat-saat kau butuh. Tapi, apa daya? Aku tak kuasa melawan skenario Tuhan.

Nek, aku tahu nenek uyutku telah tiada, dan aku tahu sebenarnya kau akan jauh lebih bahagia jika uyut dapat menyaksikan kau melepas masa lajang dengan pria pilihanmu. Tapi, percayalah padaku, jika uyut tersenyum dari surga, melihatmu yang sedang memulai jalan untuk hidup lebih bahagia. Dan, ketahuilah, aku menerbangkan doa dari lain kota, agar rumah tanggamu kelak bisa kokoh, tak ada patah yang bisa membuatmu luka, aku tak ingin ada tangisan sesak di dalamnya. Maka, berbahagialah, Nek!

Mungkin hari ini aku memang tak bisa ada di sana, tak bisa menyaksikan bagaimana lelakimu menghalalkanmu menjadi istrinya, tapi kau pasti tahu seberapa aku turut bahagia atas kebahagiaanmu, seberapa aku berdoa tentang lelakimu yang semoga memang terbaik dari yang baik.

Untuk 12 April 2015, berbahagialah, Nek!

Aku hanya dapat berdoa untuk kau dan lelakimu, agar hidup dalam kecukupan, mengenai cinta, kasih, peduli, bahagia, momongan dan segala-gala yang melengkapi rumah tanggamu nanti.

Nek, mungkin ragaku tak turut serta memelukmu di hari bahagia ini, tapi doaku untuk kau dan keluarga kecilmu yang baru akan halal itu, tak akan mengenal kata sudah.

Selamat berbahagia, Nek!

Salam sayang dari cucumu yang paling manis, Laica.

Leave a Reply

