Mengenai Kenangan.

Satu dua kali aku merajut dan tertusuk jarum, hingga tertanam benang yang kian lama kian menyayat permukaan kedalaman, tepat pada saat telunjuk yang secara tidak sadar sedang menunjuk perlahan pada kenangan. Harapan yang ku bangun dan terpaksa ku terbangkan kemudian, sesaat sebelum semuanya bisa menjadi kenyataan.

Kosong. Tak ada lagi jemari-jemari yang kerap mengisi kekosongan sela-sela jemariku. Hampa. Tak ada lagi hari-hari yang sedemikian rutin ku gunakan untuk berbagi segala tanpa takut dicela. Segala berat yang dulu seakan tak mampu ku angkat, nyatanya kini sudah baik-baik saja. Butuh waktu memang. Butuh waktu untuk menyaksikan matahari terbit setelah musim hujan lama menetap.

Membaca dan mengulang rasa. Kadang aku melakukannya. Entah dengan membuka surat-surat dari masa lalu, atau sekedar membaca ulang percakapan ringan nan mengundang tawa di masa itu. Semua ku lakukan karena aku ingin tahu, sudahkah diriku berdamai dengan masa lalu.

Kenyataannya aku bisa memeluk masa laluku dalam damai. Ketika tak ada lagi air mata saat diri sedang berdampingan dengan kenangan. Aku sudah tertawa, bahagia, bahkan tak jarang aku dan mereka saling melempar doa terbaik bagi satu dan lainnya.

Kini, masih ada satu nama yang selalu ingin ku ingat, selalu memenuhi waktu luangku untuk merindu, selalu dapat mengisi pikiranku sekalipun sudah terisi penuh. Ia selalu punya tempat yang tiba-tiba lapang untuk sebuah rasa. Aku hanya berharap kali ini pun aku dapat bangkit sempurna, tertawa bersama ia saat bercerita tentang kita, kita yang dulu bahagia bersama, selanjutnya, semoga kita bahagia saat saling mendoa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s